Prototype Proposal Judul Skripsi Akuntansi Menejemen

PERSETUJUAN PEMBIMBING

Proposal ini telah disetujui pembimbing untuk ditindak lanjuti pelaksanaannya.



                        Disetujui pada
Hari        :
Tanggal :





Pembimbing I                                                                 Pembimbing II


        ___________________________________                                __________________________________

Mengetahui,
 Ketua Jurusan Akuntansi


RINA ASMERI, SE., M.Si




I.  Pendahuluan
 
  I. 1.  Latar Belakang Masalah
PT. Semen Padang merupakan pabrik pembuatan semen dengan bahan baku bersumber dari hasil tambang bahan galian di Sumatera Barat. Pabrik yang berlokasi di kelurahan Indarung, kecamatan Lubuk Kilangan. Padang, Sumatera Barat, merupakan kawasan padat aktivitas dengan berlatar perbukitan juga salah satu perguruan tinggi ternama di Sumatera yaitu Univ. Andalas berada di sisi utara dari sekitar pabrik PT. Semen Padang.

      Pengolahan bahan baku harus memperhatikan dampak positif maupun negatif bagi lingkungan, juga berdasarkan gambaran singkat kondisi sekitar pabrik. Menurut Assauri (2004:177), Tujuan pengendalian secara rinci dapatlah dinyatakan sebagai usaha untuk :

1. Menjaga perusahaan agar tidak sampai kehabisan persediaan yang dapat menghambat aktivitas produksi.

2. Menjaga agar pembentukan persediaan tidak berlebihan atau mengurangi dari semestinya.

3. Menjaga agar pembelian secara kecil - kecilan dapat dihindari karena ini akan berakibat biaya pesanan besar.
         
       Dari pernyataan tersebut bisa dikatakan bahwa pengolahan bahan baku sebagai persediaan haruslah memperhatikan aspek yang menunjang optimalisasi tujuan stratejik perusahaan. PT. Semen Padang dengan bahan baku pembuatan semen yaitu
:

- Limestone (batu kapur), mengandung CaCO3
- Clay (tanah liat), Banyak mengandung SiO2 dan Al2O3
- Pasir Silika banyak mengandung Si O2
- Pasir Besi dengan kandungan Fe2O3

Pada mulanya, semen berasal dari perpaduan antara batu kapur dan tanah liat yang merupaka temuan oleh John Smeaton pada abad ke 18, dan di patenkan oleh Josep Aspidin 1824 dengan nama Semen Portland, sebab menyerupai tanah liat di Portland Island, Inggris.

     Menurut SNI 15-2049-2004, Semen Portland adalah semen hidrolisis yang dihasilkan dengan cara menggiling terak (klinker) semen portland, terutama yang terdiri atas Kalsium Silikat yang bersifat hidrolis dan semuanya di mixing dalam satuan dengan tambahan bentuk kristal senyawa kalsium sulfat, dan bisa ditambah dengan senyawa lain.

     Uraian tersebut menjelaskan dalam pengolahan bahan baku semen bisa dikurangi atau ditambahkan unsur senyawa lainnya. Tentunya hal tersebut bisa menimbulkan perubahan biaya karena alternatif bahan baku atau tambahan bahan baku untuk kuantitas dan kualitas terbaik.

     Karena sebab ini penulis ingin menetapkan judul skripsi yaitu " Pengaruh Perbedaan Tingkat Efisiensi dan Efektivitas Pengolahan Bahan Baku dengan Metode EOQ dan Just In Time pada Keputusan Penetapan Anggaran Produksi PT. Semen Padang "

   
 I. 2. Rumusan Masalah

1. Mengapa Efisiensi dan Efektivitas pengolahan bahan baku memiliki perbedaan          
2. Faktor Pengolahan Bahan Baku untuk kualitas terbaik

       3. Ketepatan waktu produksi pabrik mempengaruhi perolehan laba
          berdasarkan Laporan Keuangan


II. 1. Pembatasan Masalah

Setelah penulis mengkaji ulang latar belakang dan rumusan masalah mengarah pada penyebaran dan bauran ilmu pengetahuan, hal ini akan berdampak tidak baik pada penulis. Maka dari itu saya berniat membatasi penelitian pada Efisiensi dan Efektivitas olah bahan baku pada Keputusan Penetapan Anggaran Produksi PT. Semen Padang.
 

III. 2. Tujuan Penelitian

       Pada awalnya penulis mengetahui penelitian pada perusahaan berkembang yang memiliki teknologi mutakhir itu hanya perbuatan sia - sia. Namun peneliti menyadari pada konsentrasi tertentu seperti halnya kajian Akuntansi merujuk pada Akuntansi Manajemen memerlukan penelitian seperti :

1. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan suatu konsep dimana penekanan biaya produksi melalui efisiensi dan efektivitas pengolahan bahan baku bisa mempengaruhi anggaran produksi.

2. Memperoleh suatu metode sebagai solusi dari masalah aktivitas pengolahan bahan baku yang mempengaruhi anggaran produksi, dalam pencapaian tujuan stratejik perusahaan.

3. Menginformasikan pada manager tentang persoalan yang muncul pada aktifitas pengolahan bahan baku untuk per periode produksi demi menetapkan kebijakan terbaik untuk optimalisasi tujuan stratejik perusahaan.


II. Tinjauan Pustaka

 


III. Metode Penelitian

      Pada persoalan dalam skripsi ini saya menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Kharakteristik penelitian ini yaitu tahapan pencatatan atas identifikasi literatur teoritis yang berkaitan dengan permasalah pada pokok penelitian ini.
 
     Menurut Arikunto, 2006 " Studi kepustakaan adalah metode pengumpulan data dengan mencari informasi lewat buku, majalah, koran, dan literatur yang bertujuan untuk membentuk sebuah landasan teori"

    Untuk melengkapi pemahaman saya terhadap tinjauan pustaka maka penelitian tersebut juga menggunakan media internet untuk melengkapi informasi yang diperlukan.



Comments

Popular posts from this blog

Makalah Cost Volume Profit